Tags

,

Sama sekali ga tau sebabnya kenapa hari ini disebut hari batik nasional, semua orang (yang tahu) meributkan untuk tampil dengan batik. Pergi kerja pakai batik, kuliah pakai batik, pake avatar twitter berbatik, yang paling diuntungkan itu orang yang jarang mandi karena kulitnya sudah motif panu, kadas, kurap, dan kutu air. Kembali ke pertanyaan gue, kenapa harus tanggal 2 oktober yang dipilih jadi hari batik nasional? Setelah googling gue tau kalau ini ditetapkan oleh pemerintah sejak tanggal 2 oktober 2009. Tapi masih belum tau kenapa tanggal 2 Oktober? ada apa dengan 2 oktober broooo?
Apa mungkin ini penyambung semangat dari tanggal 1 oktober yang merupakan Hari Kesaktian Pancasila. Tapi orang indonesia ini memang gampang dialihkan isunya, tadinya mahasiswa sok kritis tentang pancasila sehari kemudian jadi sibuk dengan bersolek dengan batik. Mungkin aja gue salah. Terus karena hari ini hari batik nasional, gue harus kuliah pake batik gitu? Terus gue harus bilang WOW sambil niruin mamah dedeh gitu?

“kalau gue sih belum bisa pakai batik, ya cukup membatiki hati dulu lah”

-fadhli 2012

Haha bercanda sob, iya gue kuliah pake batik ko. Bukan hanya karena hari ini hari batik nasional, bukan hanya karena cinta Indonesia karena kecintaan pada Indonesia gak cukup kalau kita cuma pake batik setahun sekali.

Coba lah membatiki hati dulu

Apa batik yang kita pakai itu buatan Indonesia? jangan-jangan made in china

Apa kita ingat sejarah dari batik dan maknanya?

Apa kita tahu batik khas dari daerah asal kita? Indonesia ini punya beragam batik nusantara

Apa kita sudah menjaga warisan budaya ini supaya gak diklaim asing lagi?

Yah gue urungkan niat untuk membatiki hati, karena emang lebih sulit. Jadi hari ini membatiki kegantengan gue aja dulu🙂

Batik mengajarkan kita mencintai proses, keindahan yang diciptkan dengan kesabaran dan ketelatenan. Batik mengajarkan arti jujur dan rinci dalam tiap corak dan motifnya. Batik mengingatkan kita untuk cari jodoh agar bisa pakai batik couple hahaha😀

Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2012