Tags

, ,

“Di AS, mahasiswa tahun kedua perguruan tinggi disarankan untuk mulai berpikir tentang pilihan karir dan untuk terlibat dalam sukarelawan atau organisasi sosial atau dekat kampus.” (http://en.wikipedia.org)

Mahasiswa tahun kedua atau dalam bahasa inggris “sophomore”, sekiranya kutipan diatas ada benarnya juga. Sekarang saya sudah menjadi mahasiswa tingkat dua, mulai mendalami jurusan dan mungkin lebih sibuk dibanding tingkat satu. Kuliah dari senin sampai jumat, dan setiap hari praktikum. Cape? Ya sempet kepikiran buat rutin minum jamu ginseng atau obat kuat sebelum kuliah, ah tapi inget waktu SD gue rajin minum jamu Buyung Udik. Nilai ga ada peningkatan malah jadi mencret dan pup disekolah. Seenggaknya ga pup di kelas.

Rencananya di tingkat dua ini mau ikut himpunan profesi di departemen/jurusan. Kata orang-orang sih supaya lebih kenal dengan keprofesian di jurusan dan lebih “jadi manusia” di kampus. Mungkin nanti akan lebih aktif ikut acara yang gue sukai di departemen atau fakultas,  walau sebenarnya kepalang jemu dengan acara kampus yang prosais. Apa lagi kalau jadi panitia, haduh prosais.

Yah, di departemen ini selain dapet mata kuliah yang baru (lebih mendalami jurusan) juga bertemu dengan teman kelas yang baru. Mereka @bio48ipb, ini beberapa momen praktikum yang sempet-sempetnya saya dokumentasikan.

proses persiapan penyuntikan hipofisa ke betina Rana Sp.

Pengamatan densitas populasi ekosistem terestial dan faktor abiotiknya

tetep kece walau masuk “hutan”

mencangkul itu harus dengan gagah gemulai

hasil cangkulan untuk pengamatan suksesi

Stoma pada pengamatan epidermis – MK anatomi dan morfologi tumbuhan

Mengukur pH air danau LSI menggunakan pH meter.

Ekosistem Akuatik danau LSI perahu

Pengambilan sample di danau LSI, pengamatan ekosistem akuatik. Sambil menirukan Acha dan Irwansyah di film My Heart.

Dibalik dari foto-foto itu sebenernya ada laporan yang memusingkan, yah nikmati saja prosesnya.
Selamat menjadi mahasiswa tingkat dua yah fadhli, atau istilah asingnya “Sophomore”