Tags

,

Hijab? atau Jilbab?

Bingung dengan istilah yang lagi ngetrend sekarang ini, “HIJAB”. Makin banyak bermunculan perempuan yang melabel diri dengan istilah Hijabers. Saya sendiri ga ngerti gimana sejarahnya muncul istilah itu, yang saya tau waktu masih di sekolah  dulu Hijab itu artinya pembatas atau sekat untuk memisahkan orang yang bukan muhrimnya. Misalnya tirai, papan sekat, tembok, jarak pisah dan sebagainya. Maklum di SMA dulu kegiatan religius intens banget sampai penggunaan hijab/batas ini sudah biasa. Nah dengan kedangkalan ilmu agama yg saya miliki saya mau bertanya, sekarang ini apa sih makna dari HIJAB?

Jilbab, yang saya tau jilbab digunakan oleh muslimah atas perintah agama untuk meutupi auratnya. Iya agama islam sangat mulia melindungi wanita. Gak ada berlian mahal yang disimpan dengan sembarangan, begitu juga dengan wanita *tsaaah!
Aurat wanita tidak untuk diobral dengan murah.

Nah sekarang udah banyak temen-temen yang memulai memakai kerudung. Mungkin ini efek dari fenomena Hijabers itu kali ya. Iya efek positif tentunya, tapiiiiiii….. ada tapinya nih…
Kalau kerudung atau jilbab atau hijab atau apalah ga-peduli-dengan-istilah itu tujuannya untuk melindungi wanita dari mata lelaki bahkan bisa ‘lebih’ dari mata. Tapi kenapa Hijab yang lagi jadi fashion kini malah menurut gue justru mengundang mata lelaki buat bermain-main pada tiap lekuk kain yang melilit-lilit di leher dan kepalanya. WADUH! Iya ga sih? malah Hijab ini juga dibuat dengan berbagai macam sampai-sampai hampir menyerupai penutup kepala yang digunakan oleh wanita dari suatu kaum. Nah loh?

Dengan ilmu agama gue yang rendah gue cuma bisa gelisah. Dan muncul pertanyaan:

Kapan ada Sorbaner? Fashion menggunakan ikat sorban di kepala untuk laki-laki? Aa Gym Style misalnya? :p

hehe

Inspirasi:

http://ummuyusufabdurrahman.wordpress.com/2012/02/12/jilba-style/#comment-1088

http://hijaberscommunity.blogspot.com/