Tags

, , , , , ,

Sedikit berbagi ilmu, bukan tutorial atau menggurui, kan orang bijak mengatakan “Ilmu yang baik adalah ilmu yang berguna untuk orang lain walau sedikit, dari pada banyak tapi cuma buat sendiri” entah orang bijak mana yang bilang begitu yang pasti itu cuma karangan gue aja. haha
Buat yang sudah terbiasa membuat layout atau menata letak halaman sebuah koran, majalah, tabloid, buletin, dan buku elektronik (ebook) pasti sudah tidak asing dengan Adobe Indesign. Nah kali ini saya mau memberikan sedikit ilmu menggunakan fitur halaman master.

Halaman Master bisa mempermudah kita mengatur halaman lebih cepat, tidak perlu membuat design yang sama tiap halaman (bahkan dua halaman), karena dengan membuat Design di Master Page kita dapat menyesuaikan halaman yang lain mengikuti design dari Master Page. Misalnya untuk membuat header di Koran.

Langsung saja kita praktikan, kali ini saya menggunakan Adobe Indesign CS6 untuk membuat layoutnya, tapi tidak masalah silahkan gunakan CS berapapun, asalkan Adobe Indesign.

1. Klik dua kali halaman Master, untuk masuk ke dalam halaman master. Bisa juga menambahkan halaman di master page, dari satu halaman menjadi dua halaman dengan Create New Page.

Klik dua kali pada Master Page

2. Akan muncul halaman master dengan jumlah halaman yang sesuai kita inginkan.

3. Untuk menambahkan halaman master, klik kanan pada panel Pages > New Master. Akan muncul Master Page A, B, C, sampai dengan jumlah yang kita inginkan.

4. Membuat header di master page.
Gunakan rectangle tool atau pen tool untuk membuat header pada halaman master. Halaman yang kita edit A-Master.

Membuat header koran dengan pen tool pada A – Master

 

5. Menerapkan (apply) Halaman Master pada Halaman
Menggunakan dokumen dan halaman master yang kita buat sebelumnya (A – Master). Klik kanan pada Halaman Master tersebut, lalu pilih Apply Master to Pages. Kita bisa membuat semua halaman mengikuti halaman master, atau hanya halaman tertentu.

Pilih halaman A – Master > “Apply Master to Page” > tentukan halaman yang akan diatur > OK

6.  Halaman master yang kita buat telah diterapkan, header pada A – Master sekarang muncul pada semua halaman yang diterapkan halaman master. Praktis dan cepat gak perlu satu-satu bikin header per halaman🙂
Bisa juga loh membuat nomor halaman dan bab menggunakan Halaman master.

Sekian sedikit hal yang gue tau, mohon maaf kalau ada yang kurang dimengerti atau salah. Semoga bermanfaat!