Tags

, , , , , , , ,

Mata panda ku yang perih karena kurang tidur pagi itu, setelah kejar target layout semalam suntuk. Jam biologis saya jadi hancur, pola hidup gak teratur, jam tidur diundur, tapi harus tetap bersyukur. Baru jam 5 kurang rasanya tadi tidur tak terasa alarm sudah menjerit jelek, suaranya tak seperti ibu yang membangunkan tidur jika di rumah. Kalau saja tidak ada acara pagi itu, mati lah kau alarm.

HAH! 7.10?!

Gawat, terancam terlambat.

Matahari makin tinggi, dia tak peduli dengan aku yang buru-buru mandi dan cuma sarapan roti.

Pagi ini acara Pra-Orientasi Jurusan, bukan awal yang baik kalau saya terlambat. Kemeja dan celana hitam sesuai SOP acara, sudah macam funeral aja hehe…

Acara sudah dimulai, tidak terlalu terlambat sepertinya. Banyak kakak senior dengan Jas Almamater di luar ruangan meraka agak aneh melihat adik tingkatnya terlambat tapi mukanya tanpa beban. Sebenarnya saya hanya berusaha tampak tenang.

Entah mimpi apa tadi malam pagi, di acara itu saya dicalonkan menjadi Komti (Komandan Tertinggi) jurusan di angkatan saya. Ini gila, saya sangat tidak suka dengan jabatan itu. Untungnya Budi yang terpilih dari ketiga calon yang ada. Hahhhh lega…. baru mau melangkahkan kaki ke kembali tapi saya dan calon yang lain dipanggil lagi, “ada pemilihan ketua angkatan” kata kakak kelas yang pegang mik hitam. Apa-apaan ini? Badan jadi lemes lagi, begadang semalaman terakumulasi dengan keadaan ini. Dimunculkan kembali tiga calon untuk ketua angkatan di jurusan saya. Dan entah kekuatan power ranger mana yang merasuki orang-orang di ruangan itu, mereka memilih saya secara voting. DUAR! DUAR! DUARRR!

Fadhli Sofyan, si ketua angkatan. Datang acara terlambat. Dan tidak sungkan membagikan permen kepada kerabat.

Seperti apalah itu nanti jabatan ketua angkatan saya tidak mempusingkan, ada hal lain yang sudah pekat di kepala. Jam 9 saya ada acara lain, IPB Blogging Day. Jadilah saya izin keluar setelah menghadap kakak Divisi Tatib yang berbadan besar tegap tapi ternyata ramah.

Fadhli Sofyan, si ketua angkatan. Datang acara terlambat. Pulang lebih cepat.

IPB Blogging Day

Di jalan menuju ke Auditorium Andi Hakim Nasution baru terbesit di kepala saya, apa itu ketua angkatan? mau gimana nanti? tanggung jawabnya apa? kerja saya apa? Ah entahlah, saya langsung masuk Audit AHN. Sudah ada Angga, Lukman, Pristi, dan Donni di sana. Jadi juga kita ikutan acara ini setelah janjian dari kemarin-kemarin. hehe

Acara IPB Blogging Day ini diselenggarakan oleh blogger IPB, Blogger Bogor, Indonesia Berkebun, bekerja sama dengan eksekutif kampus. Acara ini banyak dihadiri oleh para penggiat blog di IPB. Mulai dari mahasiswa, alumni, dosen, sampai guru besar pun ada, mereka sudah tidak asing dengan dunia Web Log. Salut dengan mereka semua, salah satunya dengan bapak Sjafri Mangkuprawira. Beliau adalah dosen, guru besar di IPB. Beliau pernah juara blog competition, padahal dia ngeblog pun dipaksa mahasiswa S2 bimbingannya dan lomba pun didaftarkan. Masih banyak orang-orang hebat di acara ini. Sampai-sampai blog saya yang cupu menjadi semakin cupu bila dibandingkan mereka. hehe

Citizen Journalism

Coaching clinic Citizen Journalism oleh Bapak Fery Latief

Oh, itu loh citizen journalism atau yang orang bilang jurnalisme warga. Benar juga, semua orang bisa jurnalis. Sampaikan dan beritakanlah kejadian di sekitar kepada khalayak luas. Hanya bermodalhandphone dan kamera kecil pun kita bisa menjadi Citizen Journalist.

Indonesia Berkebun

@IDberkebun

Saya baru dengar tantang komunitas ini. Hebat juga mereka, ternyata ada juga orang kota yang peduli akan lingkungan dan lahan pertanian di tengah padatnya kota dengan gedung tinggi yang sombong, mobil mewah yang pongah, atau kumuhnya dibalik itu semua. Jadi mereka bergerak mengkonversi lahan tidur atau lahan yang terlantar untuk berkebun. Meskipun ini berawal dari Ibu Kota, ternyata mereka berhasil menginfeksi berbagai kota dengan Virus Berkebun. Bukan hanya sekedar berkebun, ini menjadi gaya hidup baru dikalangan ‘orang kota’ yang langka dengan kegiatan ini. Dan juga menjadi kegiatan yang menguntungkan untuk lingkungan dan pemasukan.

Serunya

Kumpul bareng temen-temen tadi aja ramenya minta ampun. Ditambah lagi di acara yang kami minati. Ditambah lagi ada hadiah! hehe tambah seru aja hari sabtu ini. Nah, blogger IPB bagi-bagi domain dot com saya sempet coba jawab pertanyaan yang dilempar beruntungnya saya malah dapet mouse pad berlogo IPB. hehe… Ada juga undian berhadiah dari tiket, dan angga jadi pemenang undian terakhir. Yah lagi hoki dia.😀

***

So…..

Dari acara ini saya bisa melihat begitu banyak orang yang giat blogging. Menguntungkannya blog untuk berbagai hal, karena menjadi media yang cepat untuk penyebaran informasi. Saya yakin setiap orang memiliki ilmu yang bermanfaat untuk dibagi, baik itu pertanian, teknologi, pendidikan, seni dan lain-lain. Jika setiap orang membagi ilmunya melalui blog, bayangkan berapa banyak ilmu yang diabadikan di kertas maya ini, dan ada berapa orang yang mendapatkan manfaat dari ilmu ini. Karena blog bukan hanya soal traffic, click, atau visitors tapi blog adalah tangan mu yang bisa membantu orang lain, menunjukan arah kepada orang lain, memberi untuk orang lain, menunjukan eksistensi, atau bahkan melukai orang lain.

It’s up to you…

Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto M.Sc.

Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto M.Sc. memberikan sambutan di acara IPB blogging day

lukman, doni, angga, pristi makan siang di rektorat

Mousepad hadiah dari blogger ipb