Jumat kemarin gue kembali flashback dengan banyak hal yang sudah gue lalui di SMA.

Hari jumat lalu, ada acara refresh dan motivasi yang diadain pihak sekolah. Acaranya dipandu Pak Mahdiar dan Pak Roni. Ada banyak poin penting yang gue dapet dari acara itu, gue juga sempet dibuat meneteskan air mata buaya.

Kata Pak Mahdiar, “waktu kalian kelas X, beban kalian masih ringan. Kalian masih taat sama peraturan-peraturan sekolah. Aktif ekskul ini-itu, seneng masuk SMA yang kalian favoritkan”

Kata Pak Mahdiar, “begitu kalian kelas XI, kalian mulai berontak dari peraturan-peraturan sekolah. Tapi beban kalian juga belum terlalu berat”

Kata Pak Mahdiar, “begitu kelas XII, kalian mulai jenuh dengan SMA. Bosan dengan pelajaran. Masalah semakin kompleks (semakin galau tentunya), masalah sekolah (pelajaran, kuliah dimana, tugas, remed), kegiatan yang super padat dari jam tambahan, bimbel di luar, dll. Ada juga yang pusing dengan pacaran (cinta-cintaan), ada yang bermasalah dengan adik kelas dll”

Dari kata-kata beliau gue bisa menganalisis dan menyimpulkan ada 10 fase yang dilalui anak SMA:

1. Fase Adaptasi awal

Kelas X, masih perlu banyak adaptasi sosial. Beradaptasi dengan teman-teman baru, guru baru, pelajaran baru dengan level yang lebih tinggi, lingkungan baru, peraturan baru, norma baru. Fase ini PENTING! Karena ini akan berpengaruh untuk 3 tahun kita di SMA.

2. Fase Celengesan I

Kelas X, udah bisa dikit-sedikit beradaptasi di SMA. Biasanya lagi seneng sama temen baru di kelas, geng dan di ekskul. Unjuk gigi, kompak-kompakan. Tapi biasanya kesenangan di fase ini suka tergesek kakak kelas yang ‘sok senior’.

3. Fase Galau

Kelas X, tingkat kegalauan bintang 2 menurut gue. Yah mulai bingung nentuin milih jurusan mana? IPA atau IPS atau Bahasa? (read : disekolah gue gak ada jurusan bahasa)

Mulai takut pisah sama temen kelas dan gengnya (kelompok bermain) dikelas XI nanti.

Di fase ini kedewasaan benar-benar diuji, menentukan pilihan dan bersikap siap.

4. Fase readaptasi

Kelas XI, di fase ini gak terlalu berat buat yang kelas X nya pinter bergaul, pasti gampang buat beradaptasi dengan kelas baru. Tapi ada juga yang susah banget adaptasi dengan lingkungan baru, masih aja stuck di otaknya temen-temen kelas Xnya dulu.

5. Fase Celengesan II

Kelas XI, Bisa disebut salah satu fase yang seru banget. Semakin beradaptasi dengan lingkungan, udah gak jadi UTAS (kelas satu/ paling junior), udah banyak kenalan, jadi senior di ekskul, punya adik kelas baru (biasanya mulai nyari berondong LOH?!), Kompak-kompakan sama temen sekelas. Gak terlalu mikirin banyak hal, gak terlalu mikirin UN, doyan jalan-jalan. Happy abees pokoknya celengesan everyday!

6. Fase Dreaming

Kelas XII, mulai banyak bermimpi dan bercita-cita. Bahkan kita memang harus punya cita-cita, dengan punya cita-cita kita punya tujuan. Dengan adanya tujuan, pekerjaan pun semakin terarah dan termotivasi. SILAHKAN BERMIMPI !!!!

7. Fase Si Bambang (sibuk banget)

Kelas XII, kaya atlet yang bersiap mengikuti turnamen besar. Kelas XII dipersiapkan dengan banyak hal sebelum menghadapi UN dan persiapan ke Universitas.

Sekolah yang mengadakan jam tambahan, ditambaha bimbel diluar, ditambah lagi les private, ditambah lagi tugas dari guru yang bertubi-tubi. Harus pinter-pinter jaga kesehatan tubuh dan mental pokoknya. Haha…

8. Fase Jenuh

Sebenarnya fase ini bisa dateng kapan saja, tapi menurut gue dikelas XII semester ganjil biasanya sindrom jenuh ini sangat akut. Tapi gue ingetin, jenuh itu wajar tapi kita jangan sampai terjebak dalam kejenuhan dengan segala tipu dayanya (edas bahasa naon eta). Begitu merasa jenuh segera refresh otak lo, inget kata Pak Monlex, “lelah tubuh bisa istirahat sebentar terus pulih. Tapi kalau lelah otak? Gak cukup Cuma istirahat” begitu bunyinya. Eit eit eit! Jangan kebanyakan refreshing juga kali yah, secukupnya aja kalau kebnyakan nanti malah terlena dan lupa dengan perjalanan menuju cita-citanya.

9. Fase MELEDAK!

Bukan meledak karena jenuh, tapi meledak semangat dan yakin untuk menghadapi ujian-ujian. Pastinya sedikit-sedikit cemas sih normal, tapi jangan sampai kecemasan yang berlebihan dan jadi bumerang bagi kita.

10. Fase X

Gue belum tau fase berikutnya, karena gue belum resmi lulus. Yang pasti kita berdoa semoga kita lulus dan berhasil meraih cita-citanya. Amin…

Itulah fase-fase anak SMA versi onde-onde spot fadhline!

Sampai jumpai di liputan “flashback” berikutnya.

Salam CCTV….