Tags

, , ,

Senin dan Selasa kemaren ada kegiatan pesantren kilat disekolah gw, langsung ke inti aja, waktu acara pembukaan pesantren kilat itu bapak kepala sekolah ngasih sambutan. Lah Terus? terus beliau cerita waktu ngeliat gelandangan (tepatnya keluarga gelandangan) dipinggir jalan. Mereka tidur di emperan jalan cuma dialasi kardus seadanya, gak ada selimut buat ngelindungin anak mereka dari udara luar, padahal waktu itu udah mau magrib. Apa mereka punya makanan buat buka puasa?

Apa kita mampu ada dikondisi kaya gitu? gw sendiri mungkin gak mampu.

Apa mungkin nanti kita ada diposisi mereka? gw jawab ‘Iya MUNGKIN’

Apa yang kita punya bisa hilang dengan cepat atas kuasaNya, bencana gak pernah nagasih notification ke kita. Kaya cerita difilm “Para Pencari Tuhan” yang suka gw tonton pas sahur (nontonnya sambil makan kolek paling enak), ada cerita tentang Orang kaya yang tiba-tiba jatuh miskin gara-gara perusahaannyua bangkrut. Walaupun cuma film, but we must learn.

Di Aula tempat pembukaan itu, gw duduk deket Andre dan Naufal (aris jadi panitia). Pastinya kita ngobrol lah, BT juaga kalo ngedengerin terus.

Nah Andre punya ide kalau BC ngadain baksos buat gelandangan kaya yang tadi gitu? Ok gw bilang.

“masalah duit nanti kita minta ketemen-temen yang lain, pasti pada mau nyumbang” gw meyankinkan.

si nopal (supaya enak nulisnya) dimintain komentarnya, pastinya dia setuju.

Besoknya, hari selasa sepulang sekolah BC ngadain rapat dimesjid (berhubung abis sholat dzuhur dan emang gak punya tempat). Nama panitia buat kegiatan ini kami namai kayak panitia buka bersama eks kelas X tahun kemaren yaitu “Panitia Terselubung” dengan anggota gw Fadhli, Andre, Aris, Nopal. Jyaahhh ini mah BC-BC jugaaa dasar koplak.

Ada Acara ada Panitia, Ada Panitia ada Jabatan dong supaya Jobnya jelas. Dirapat itu kita tentuin jabatan masing-masing dengan dikocok ala ibu-ibu arisan (setelah sebelumnya saling tunjuk yang ada rusuh dimesjid), dan terbentuklah :

PANITIA TERSELUBUNG (acara BC bakti sosial)

Ketua pelaksana : Aris Wiratmoko

Wakil Ketuplak : Andrea Fazri

Sekretaris Umum : Fadhli Sofyan

Bendahara Umum : A Naufal

Sebelum terbentuknya panitia terselubung, kita udah omongin teknis mulai dari cari dana sampe dengan acara dilapangan. Belum selesai rapat ada Ibu Ilmi Wali Kelas kita berempat waktu kelas X, ternyata kita berempat nempatin sejadah favoritnya, dengan cengengesan kita pindah tempat.

Hari Pertama

Rabu 25 agustus, kita berhasil ngumpulin dana kira-kira 60 ribuan dalam waktu 1-2 jam. Alhamdulillah ini awal yang baik. Makasih buat temen-temen yang udah mau peduli dengan “mereka” yang dibawah.

Well well well well….

Ini mungkin gak akan jadi acara pengumpulan dana yang besar, acara yang merubah “mereka” jadi hidup lebih baik, acara yang diliput media masa kayak yang “orang-orang besar” lakuin. Tapi, gw yakin ini bisa ngerubah perspektif kita, bisa ngerubah kebiasaan kita buat ngehargain apa yang kita punya, bisa bikin kita belajar memberi dengan ikhlas, dan tau susahnya nyari duit.

BLACK CROACH

brilliant, unique and creative