1. Desain Produk
    Bidang rancang bangun produk fungsional untuk melayani manusia dan makhluk hidup dalam menjalankan berbagai aktivitas. Desain produk berkonsentrasi pada pemenuhan fungsi, estetika, penyelesaian masalah, dan motivasi yang berorientasi pada keserasian interaksi pengguna dan lingkungannya. Ruang lingkup desain produk meliputi rancang bangun peralatan/perlengkapan rumah tangga, medis, kantor, sports, komponen arsitektural, handicraft, alat transport, sarana perkotaan, dan lainnya.
  2. Desain Komunikasi Visual (grafis)
    Bidang rancang bangun sarana berkomunikasi secara visual untuk penyampaian pesan dan informasi melalui bahasa rupa untuk membantu meningkatkan efisiensi kerja dan apresiasi rupa di lingkungan masyarakat. Acuan dasar perancangannya adalah fungsi dan estetika dengan pertimbangan aspek marketing, sosial dan budaya, teknologi, ilustrasi, tata bahasa, dan lain-lain. Karya desain komunikasi visual secara bentuk dikategorikan menjadi bottom line, yaitu yang dinikmati dalam ruangan, upper-line yaitu yang dinikmati di ruang luar atau lingkungan. Karya grafis bottom line diantaranya paket stationary, kemasan (packaging), pariwara, pers (publishing), brosur (leaflet), ilustrasi, animasi, dan karya multimedia lainnya. Karya upper-line diantaranya poster, billboard, sign system, pariwara outdoor, banner, dan lainnya.

Prospek Alumni

Lulusan dapat berkiprah secara profesional di dalam industri sebagai desainer, marketing, dan manajemen.

Kualifikasi dan seleksi mahasiswa

Ujian Masuk Program Studi Desain Produk ITS (UMDES-ITS) dilakukan tersendiri setelah pelaksanaan UMPTN. Syarat kemampuan yang harus dimiliki yaitu kreatif, berwawasan luas, mempunyai kepekaan bahasa visual dan memiliki kemampuan berpikir ruang.

program aplikasi desain seperti: Catia V5R2, Maya Animation, Alias Wavefront Auto Studio, Pro Engineer, Pro Designer, AutoCAD, Kinetix 3D max, Adobe, Macromedia Freehand, Mannequin Pro, dan Lightscape

sepotong dari : prospektus.its.ac.id/dispro.html

argggghhhh!!!!


ditambah yang ini

Career Opportunities

Desain Komunikasi Visual sering dipergunakan untuk mengantisipasi berbagai persoalan, baik persoalan komunikasi sosial, maupun komersial. Dewasa ini, berbagai institusi dan kegiatan industri banyak membutuhkan tenaga ahli Desain Komunikasi Visual untuk mengkomunikasikan kegiatan dan memasarkan produknya.
Semester itu di Indonesia, kegiatan Industri Komunikasi telah terkonsentrasikan pada bidang Industri Penerbitan atau Grafika, Industri Periklanan dan Penyiaran Televisi. Volume dan intensitas kegiatan ke tiga bidang industri tersebut telah berkembang pesat dan memerlukan dukungan tenaga kerja ahli DKV yang kompeten. Sebab itu, dalam rangka menyusun konsep Program Studi Desain Komunikasi Visual (FSRD-ITB), dilakukan pengamatan terhadap perkembangan kebutuhan dan konsentrasi pekerjaan ahli Desain Komunikasi Visual di masyarakat saat ini dan masa mendatang. Dengan pengamatan tersebut, diharapkan dapat dirumuskan tujuan pendidikan, agar menghasilkan lulusan yang dapat memenuhi kebutuhan yang ada dan memiliki kompetensi seperti yang dipersyaratkan.  Semester itu di Indonesia, kegiatan Industri Komunikasi telah terkonsentrasikan pada bidang Industri Penerbitan atau Grafika, Industri Periklanan dan Penyiaran Televisi.
Alumni PS Desain Komunikasi Visual  ITB saat ini terserap  pada berbagai lapangan kerja, diantaranya :

Biro Desain (Graphic House : le boye, ad value, integra dsb)
Biro iklan (Advertising : ogilvy, mc Caan, fortune dsb)
Percetakan dan penerbitan (Gramedia, Tempo dsb)

Rumah produksi multi media (BDI, AvantGarde, dsb)

Biro Animasi (Red Rocket, dsb)

Pertelevisian  (RCTI, SCTV, TRANS, dsb)
Humas  / public relation lembaga swasta dan  pemerintah.
Wiraswasta dan lainnya.

Semester itu di Indonesia, kegiatan Industri Komunikasi telah terkonsentrasikan pada bidang Industri Penerbitan atau Grafika, Industri Periklanan dan Penyiaran Televisi.Biro Desain ( : le boye, ad value, integra dsb) Biro iklan ( : ogilvy, mc Caan, fortune dsb) Rumah produksi multi media (BDI, AvantGarde, dsb) Biro Animasi (Red Rocket, dsb) Pertelevisian  (RCTI, SCTV, TRANS, TPI dsb) Humas  / lembaga swasta dan  pemerintah. Wiraswasta dan lainnya.

dari : http://www.dkv.fsrd.itb.ac.id/

hualahhhhhhhhh bingung gw.

program aplikasi desain, seperti: Catia V5R2, Maya Animation, Alias Wavefront Auto Studio, Pro Engineer, Pro Designer, AutoCAD, Kinetix 3D max, Adobe, Macromedia Freehand, Mannequin Pro, dan Lightscape