Tags

, , , , ,

Malem itu gw lagi tiduran sambil ngeliatin cicak, bukannya gw pengagum cicak atau pemakan cicak tumis. Karena faktanya emanga gw jijik stadium akhir sama yang namanya cikcak. Yah meckipun nama “cicak” itu terdengar lebih imut dimandingkan dengan burung “cucakrowo” yang menurut gw namanya itu agak nyerempet “genderuwo” mungkin kalau orang gak tau kalau cucakrowo itu adalah burung yang bagus dia akan mengira kalau cucakrowo itu adalah salah satu member PHI (Persatuan Hantu Indonesia).

Kembali kecicak-mencicak, gw sempet kepikiran betapa beruntungnya cicak itu bisa nemplok ditembok rumah lo layaknya spiderman, dan coba bayangin kalau yang nemplok ditembok rumah lo itu komodo. Serem kali yah…

Coba kita liat tentang Cicak:

CICAK

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Squamata
Upaordo: Sauria
Famili: Gekkonidae

Jenisnya :

    1. Cecak tembok ( Yunani : Cosymbotus platyurus ) dalam bahasa Inggris disebut flat-tailed house-gecko, seperti tercermin dari nama ilmiahnya, platyura (dari bahasa Yunani platus pipih, ura ekor).ini dia si cicak baik yang suka berburu laron dan serangga yang suka ada dirumah. Cecak ini bertubuh pipih lebar, berekor lebar dengan jumbai-jumbai halus di tepinya.Kalau lebih diteliti, dari sisi bawah akan terlihat adanya lipatan kulit agak lebar di sisi perut dan di belakang kaki.

    2. Cecak kayu (Hemidactylus frenatus), yang bertubuh lebih kurus. Ekornya bulat, dengan enam deret tonjolan kulit serupa duri, yang memanjang dari pangkal ke ujung ekor. Cecak kayu lebih menyukai tinggal di pohon-pohon di halaman rumah, atau di bagian rumah yang berkayu seperti di atap. Terkadang didapati bersama cecak tembok di dinding luar rumah dekat lampu, namun umumnya kalah bersaing dalam memperoleh makanan.

    3. Cecak Gula (Gehyra mutilata), Cecak terkutuk sering ditemuin di dapur, lemari makan, meja makan dan juga dekat meja kerja dan rak buku. Cecak ini menyukai gula dan sumber karbohidrat lain seperti nasi dan remah-remah roti, selain juga memangsa aneka serangga kecil. Karena itu cecak gula sering ditemukan tenggelam dalam gelas kopi atau teh. Dibandingkan jenis cecak rumah yang lain, cecak ini lebih sering bersembunyi atau menyendiri. Cecak gula cenderung bersifat nokturnal (aktif di malam hari), meski tidak jarang ditemukan berkeliaran pada siang hari di dapur. Di alam, cecak ini hidup di pepohonan atau celah di bukit batu.

Hebatnya :

  • Cicak basa merayap di dinding atau pohon hal ini karena cicak memiliki ciri khusus berupa telapak kaki dengan sistem perekat yang dibangun oleh telapak kaki yang beralur pararel yang memungkinkan cicak dapat menempelkan kakinya di dinding dan berjalan tanpa terpeleset kayak spiderman.
  • Untuk memperoleh makanan, cicak mempunyai ciri khusus berupa lidah yang panjang dan lengket. Bentuk lidah ini digunakan untuk menangkap mangsa berupa serangga yang terbang kayak venom gitu.
  • Cicak juga penipu yang ulung, dia akan memutuskan ekor, kemudian ekor tersebut akan bergerak-gerak untuk mengalihkan perhatian musuh. Sementara itu, cicak dengan ekor yang putus akan leluasa untuk meloloskan diri.

UNIKNYA :

  • Menurut syariat Islam, cecak-cecak harus diberantas, karena binatang ini dianggap suka mengganggu manusia. Ada dua kisah tentang cicak, diantaranya adalah: Riwayat awalnya adalah dijelaskan bahwa disaat Nabi Ibrahim dilemparkan ke api oleh Namrudz, maka semua hewan berusaha memadamkan api yang mambakar Ibrahim itu kecuali cecak. Dikisahkan bahwa Dahulu cicak itu meniup-niup (api agar semakin berkobar membakar) nabi Ibrahim.” Dan pada waktu Nabi Muhammad dikejar oleh kaum musyrikin Arab dan ia bersembunyi di gua Tsur, tiba-tiba ada cecak memberitahu mereka dengan bunyinya bahwa ada orang di dalam gua. Maka Nabi Muhammad memerintahkan untuk membunuh hewan ini dimanapun kita jumpai. Muhammad bersabda “Barangsiapa yg membunuh cecak dg satu pukulan maka baginya 100 pahala, dan bila dg dua pukulan maka terus berkurang dan berkurang” (shahih muslim hadits no.2240). Ummu Syarik r.a. berkata: ‘Nabi telah menyuruh membunuh cecak’. (HR. Bukhari-Muslim) hadits no.1443 (hal.792). Wallahu a’alam. Nabi Muhammad memberinya julukan Fuwaisiqa yang berarti si kecil yang fasiq. Para ulama juga telah menegaskan bahwa, tokek adalah satu spesies dengan cicak, dengan demikian hukumnyapun sama.
  • Menurut orang hindu di Bali, cecak adalah manifestasi dari Dewi Saraswati, yaitu dewi yang melindungi bicara dan tulisan.

Negatifnya : Cicak ini suka bertempat tinggal atau membuat sarangnya ditempat yang bisa dibilang kotor, tentu badan cicak juga ikutan kotor karena ga pernah mandi😀 . Karena kita gak tau dia udah nginjek apa aja terus dia hinggap ke makanan kita, yang mungkin bisa berpotensi kurang baik buat kesehatan kita.

Positifnya : Cicak yang berada dirumah kita berperan juga sebagai pemakan serangga-serangga kecil termasuk nyamuk yang menjadi sumber penyakit demam berdarah dsb.

So, cicak memang habitat aslinya emang bukan dirumah kita, tapi cicak harus baradaptasi buat tetap bertahan hidup. Selama cicak itu ga berlebihan dirumah kita dan tetap membawa hal positif gak ada salahnya juga dia numpang hidup. Cicak juga bisa buat refreshing sekaligus sumber pahala kalau kita lagi bosen kita berburu cicak aja, murah, aman, serta berpahala (bagi muslim).

Rujukan : Dari berbagai sumber.

grazie amici! thanks friends!